Satu orang youtuber berumur 30 tahun, Shane Dawson sudah mempunyai subscriber sampai 22 juta. Dawson memulai profesi dengan membuat video content drama humor serta parodi sampai pada akhirnya sekarang dapat membuat satu film dokumenter berdurasi satu jam mengenai teori konspirasi di Youtubenya.

Kepopuleran Dawson membuat memperoleh kekayaan bersih sampai USD12 juta atau kira-kira Rp170 miliar (kurs Rp14.141 per USD) dari menulis buku, menyiarkan podcast serta mengupload video-videonya di Youtube link sbobet. Tidak itu saja, Dawson mempunyai beberapa pro-kontra dihidupnya.

Mencuplik dari Business Insider Singapore, Sabtu (5/10/2019), Dawson tumbuh dengan satu orang ayah yang pecandu alkohol serta ia nyatanya pernah jadi korban bully sebab kelebihan berat tubuh di sekolah menengah. Pada umur 18 tahun,d dia daftarkan diri dalam satu kelas untuk program penurunan berat tubuh yang terkenal sampai pada akhirnya sukses turunkan berat tubuh.

Saat yang samaa, Dwson ikut juga audisi akting untuk satu atraksi, tapi ia tidak mempunyai banyak peruntungan saat itu. Sampai pada akhirnya pada 2008, dia putuskan untuk bikin kanal Youtube yang saat ini diketahui Shane Dawson TV. Tetapi content Youtube itu malah memetik banyak permasalahan, sebab sesudah merekam dianya menari tiang waktu kerja, Dawson serta enam orang yang lain (terhitung ibu serta saudara laki-lakinya) dikeluarkan dari pekerjaan mereka.

Baca juga : Menteri Kesehatan Rela Sumbangkan Gaji Pertama Untuk BPJS Kesehatan

Video pertama Dawson yang betul-betul viral ialah “Fred is Dead”, satu video humor sketsa yang telah dilihat lebih dari 25 juta view sampai sekarang. Waktu itu untuk masih penuhi kebutuhannya, Dawson ambil pekerjaan sampingan jadi penjaga keamanan sekalian terus mengupload video ke kanal Youtubenya.

Pada 2011, Dawson didapati sedang dekat sama sama-sama Youtuber wanita, Lisa Schwartz. Saat Dawson terus membuahkan video viral, ia manfaatkan ketenarannya untuk bikin usaha lain. Pada 2013, Dawson mengeluarkan podcast bertopik “Shane and Friends” dimana dia wawancarai beberapa Youtuber. Tetapi, podcastnya berhenti pada 2017 serta semua eopisode sudah dihapus dari Youtube Channelnya. Dengan segudang pro-kontra yang membuat geger dunia Youtube, Pada 2018, Dawson berubah ke seri multi-bagian yang menyelidik teori konspirasi serta mendokumentasikan kehidupan YouTubers yang membuat malu, terhitung Tana Mongeau, Jake Paul, serta Eugenia Cooney.