Satu orang pria tersadar dari koma selama lima tahun setelah istrinya yang setia merawatnya lebih dari 20 jam sehari. Sang istri jadi pengasuh cuma satu selanjutnya dan dia hanya tidur dua sampai tiga jam sehari untuk membersihkan, memberi makan, dan bicara dengannya. Diambil dari Daily Mail, Senin, 26 Agustus 2019, Li Zhihua dari Xiangyang di Provinsi Hubei, memikul derita cedera otak serius dalam kecelakaan jalan raya pada 2013. Berdasarkan laporan, Li terjatuh pada Agustus 2013 waktu mengendari skuter waktu kerja.

Insiden itu membuat koma demikian tahun. Tapi setelah bangun, hal pertama yang disebut Li pada istrinya setelah bangun dari komanya, “istriku, saya mencintaimu!” Narasi mengharukan mereka dilaporkan minggu ini oleh beberapa media di China. Dokter Wan Qing’an mengataan pada wartawan waktu menjelaskan kondisi lelaki itu. “Waktu dia dibawa ke rumah sakit, ia dalam kondisi vegetatif. Ia tidak bisa menanggapi apa pun.” Istrinya, Zhang Guihuan, 57 tahun, kembali kenang waktu dokter memberi tahunya bila sang suami mungkin ada pada kondisi vegetatif persisten. Ia menerangkan tidak mau terima analisa dan ingin tunjukkan bila beberapa dokter salah.

Baca juga : Presiden Joko Widodo Melihat Gagahnya Prajurit TNI Lakukan Beladiri di HUT TNI ke-74

Kondisi vegetatif persisten adalah kelainan kesadaran dimana pasien dengan keruntuhan otak serius ada pada kondisi sadar dengan parsial, tapi tidak perlihatkan persepsi dan reaksi kognitif pada rangsangan yang ada di sekitarnya. Hari untuk hari, pasangan yang gigih itu tinggal di samping tempat tidur Li untuk mengobrol dengannya dan mainkan lagiu-lagu favoritnya, berharap keadaannya akan berangsur lebih baik.

“Banyak hal ini betul-betul membantu untuk merangsang pola sarafnya,” kata Wan. Wanita ini berkeinginan keras ini hanya tidur dua sampai tiga jam sehari dan jaga Li dalam semua yang kemungkinan besar. Menyebabkan, berat badannya turun 10 kg. Zhang menerangkan, untuk memberi makan suaminya, ia harus waspada masukan makanan ke mulutnya serta dengan lembut menekan lidahnya untuk memberi tahu suaminya bila ia bisa makan.

Li dengan ajaib mendapatkan kembali kesadarannya tahun tempo hari. Pria itu terus tinggal di rumah sakit untuk lalui perawatan pemulihan. Dokter menerangkan menjelaskan, walaupun Li tidak bisa katakan beberapa kata dengan jelas, ia sepenuhnya sadar akan keadaannya di sekitarnya.